Apa Saja Syarat Mendirikan Yayasan? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Saat ini, mungkin Anda sedang berencana membangun sebuah yayasan. Namun, perlu diketahui sebelumnya, bahwa terdapat syarat mendirikan yayasan yang harus dipenuhi.

Untuk itu dalam artikel ini, Anda dapat menemukan informasi lengkap terkait syarat tersebut dan juga hal-hal lain yang harus disiapkan. Jadi, pastikan Anda menyimak pembahasan ini hingga selesai agar dapat menyiapkan syarat dan berkas-berkasnya.

Memahami Apa itu Yayasan

Yayasan adalah sebuah badan hukum yang dibentuk dengan tujuan untuk melakukan kegiatan sosial, keagamaan, dan kemanusiaan tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Yayasan berbeda dengan perusahaan atau organisasi lainnya yang mungkin memiliki tujuan profit.

Pada umumnya, yayasan didirikan berdasarkan keinginan pemilik dana (donatur) untuk mengalokasikan aset atau kekayaannya dalam rangka mendukung suatu tujuan tertentu yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Yayasan biasanya dikelola oleh sebuah dewan pengurus yang bertanggung jawab dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan memastikan bahwa tujuan dari yayasan tersebut tercapai.

Dana yang dikelola oleh yayasan dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk donasi dari individu, lembaga, atau bahkan pemerintah. Kegiatan yang dilakukan yayasan sangat beragam, mulai dari pendidikan, penelitian, pelayanan kesehatan, hingga pelestarian lingkungan.

Di banyak negara, yayasan harus terdaftar pada pemerintah setempat dan memenuhi persyaratan hukum tertentu untuk dapat beroperasi secara legal.

Ini termasuk transparansi dalam pelaporan keuangan dan aktivitasnya kepada pemerintah atau badan pengawas untuk memastikan bahwa yayasan tersebut benar-benar beroperasi sesuai dengan tujuan awal pendiriannya dan tidak melakukan penyalahgunaan dana.

Syarat Mendirikan Yayasan

Syarat Mendirikan Yayasan

Untuk mendirikan yayasan di Indonesia, ada beberapa syarat dan dokumen yang harus dipenuhi dan disiapkan oleh para pendiri.

Berikut ini adalah ringkasan dari syarat mendirikan yayasan dan dokumen yang diperlukan berdasarkan informasi yang dikutip dari website Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU):

1. Salinan Akta Pendirian Yayasan

Akta ini harus dibuat oleh notaris dan merupakan dokumen legal yang mencatat tentang pendirian yayasan, tujuan yayasan, serta struktur organisasi yayasan yang meliputi pembina, pengawas, dan pengurus.

2. Fotokopi NPWP Yayasan

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yayasan harus sudah didaftarkan dan fotokopi NPWP tersebut harus disertakan dalam dokumen pendirian.

3. Fotokopi KTP dan NPWP Pendiri, Pembina, Pengawas, dan Pengurus Yayasan

Identitas personal dari semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan yayasan harus jelas dan dapat diverifikasi, termasuk NPWP mereka sebagai wajib pajak.

4. Surat Pernyataan Tempat Kedudukan disertai Alamat Lengkap Yayasan

Dokumen ini harus menunjukkan lokasi resmi dari yayasan dan harus disahkan oleh pengurus yayasan serta diketahui oleh lurah atau kepala desa setempat.

5. Bukti Penyetoran atau Keterangan Bank

Bukti penyetoran atau juga keterangan bank dengan nama yayasan atau pernyataan tertulis dari pendiri yang memuat keterangan nilai kekayaan yang dipisahkan sebagai kekayaan awal untuk mendirikan yayasan.

Ini adalah bukti finansial yang menunjukkan bahwa yayasan memiliki kekayaan awal yang cukup untuk menjalankan operasionalnya sesuai dengan tujuan pendiriannya.

6. Surat Pernyataan Pendirian mengenai Keabsahan Kekayaan Awal

Dokumen ini adalah pernyataan resmi dari pendiri yang menyatakan bahwa kekayaan awal yang dialokasikan untuk yayasan adalah legal dan tidak terkait dengan aktivitas ilegal.

Pengajuan syarat mendirikan yayasan dan dokumen-dokumen ini kepada Ditjen AHU merupakan langkah penting dalam proses legalisasi, memastikan bahwa yayasan tersebut beroperasi dalam kerangka hukum yang berlaku di Indonesia dan memiliki tujuan yang jelas serta transparan dalam pengelolaan keuangannya.

Hal-Hal Lain yang Perlu Dipersiapkan

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan di Indonesia mengatur tentang pendirian yayasan, termasuk syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam akta pendirian yayasan yang dibuat oleh notaris.

Akta pendirian yayasan harus dibuat dalam bahasa Indonesia dan mencakup anggaran dasar serta keterangan lain yang dianggap perlu oleh pendiri. Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus termuat dalam anggaran dasar yayasan sesuai dengan UU No. 16 Tahun 2001:

1. Nama dan Tempat Kedudukan

Harus jelas menyebutkan nama yayasan dan lokasi tempat kedudukan yayasan, yang menunjukkan di mana yayasan akan beroperasi dan terdaftar secara hukum.

2. Maksud dan Tujuan serta Kegiatan

Yayasan harus memiliki tujuan yang jelas dan spesifik, serta kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut.

3. Jangka Waktu Pendirian

Menyatakan apakah yayasan didirikan untuk jangka waktu tertentu atau tidak terbatas.

4. Jumlah Kekayaan Awal

Menyebutkan jumlah kekayaan awal yang dipisahkan dari kekayaan pribadi pendiri, yang bisa dalam bentuk uang atau benda, yang akan digunakan untuk operasional yayasan.

5. Cara Memperoleh dan Penggunaan Kekayaan

Menjelaskan mekanisme atau cara yayasan memperoleh kekayaan tambahan dan bagaimana kekayaan tersebut akan digunakan.

6. Tata Cara

Tata cara pengangkatan, pemberhentian, dan penggantian anggota pembina, pengurus, dan pengawas. Menjelaskan prosedur untuk pengangkatan, pemberhentian, dan penggantian anggota-anggota penting yayasan.

7. Hak dan Kewajiban

Selain memahami syarat mendirikan yayasan, Anda juga harus tahu hak dan kewajiban anggota pembina, pengurus, dan pengawas. Menyebutkan secara rinci hak dan kewajiban dari masing-masing anggota organ yayasan.

8. Tata Cara Penyelenggaraan Rapat Organ Yayasan

Menetapkan bagaimana rapat-rapat organ yayasan (Pembina, Pengurus, dan Pengawas) akan diselenggarakan, termasuk frekuensi dan prosedur rapat.

9. Ketentuan Mengenai Perubahan Anggaran Dasar

Menyediakan aturan tentang bagaimana dan kapan anggaran dasar yayasan dapat diubah.

10. Penggabungan dan Pembubaran Yayasan

Menjelaskan kondisi dan prosedur untuk penggabungan dengan yayasan lain atau pembubaran yayasan.

11. Penggunaan Kekayaan Sisa Likuidasi atau Penyaluran Kekayaan Yayasan Setelah Pembubaran

Menentukan bagaimana kekayaan yang tersisa setelah likuidasi atau pembubaran yayasan akan digunakan atau disalurkan.

Poin-poin ini harus diperhatikan dengan saksama oleh para pendiri saat merencanakan untuk mendirikan sebuah yayasan, agar yayasan tersebut dapat beroperasi sesuai dengan kerangka hukum yang berlaku di Indonesia dan mencapai tujuannya secara efektif.

Jasa Pendirian Legalitas Yayasan Dari Easylegal

Mencari solusi mudah dan terpercaya untuk mendirikan yayasan? EasyLegal adalah jawaban Anda! Kami menyediakan layanan lengkap untuk membantu Anda mendirikan yayasan dengan cepat dan tanpa repot. Dengan EasyLegal, Anda bisa melewati kompleksitas administratif dan fokus pada tujuan mulia Anda.

Layanan Kami Menyediakan:

– Konsultasi Gratis

Kami menawarkan konsultasi gratis untuk membahas visi dan kebutuhan spesifik yayasan Anda. Tim kami yang berpengalaman akan membimbing Anda melalui setiap langkah.

– Penyusunan Akta Pendirian

Kami menangani seluruh proses penyusunan akta pendirian yayasan Anda dengan notaris, memastikan bahwa semua dokumen sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

– Pengurusan NPWP dan Legalitas Lainnya

EasyLegal.id akan membantu Anda dalam pengurusan NPWP yayasan, serta dokumen legal lainnya yang diperlukan, termasuk fotokopi KTP dan NPWP pendiri, pembina, pengawas, dan pengurus.

– Pendaftaran Yayasan

Kami membantu menyiapkan syarat mendirikan yayasan dan mengurus proses pendaftaran yayasan Anda ke Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU), memastikan proses berjalan lancar dan yayasan Anda terdaftar secara resmi.

– Bantuan Pengelolaan Kekayaan Awal

Kami membantu dalam proses bukti penyetoran atau keterangan bank atas nama yayasan dan menyediakan panduan dalam pengelolaan kekayaan awal yayasan Anda.

– Jaminan Keamanan dan Kepercayaan

Dengan EasyLegal.id, keamanan data dan informasi Anda terjamin. Kami berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan memastikan bahwa proses pendirian yayasan Anda berjalan dengan aman.

Mengapa Memilih EasyLegal?

– Profesional dan Berpengalaman

Tim kami terdiri dari para profesional yang berpengalaman di bidang hukum dan pendirian yayasan.

– Proses Cepat dan Efisien

Kami memahami betapa berharganya waktu Anda, oleh karena itu kami menjamin proses yang cepat dan efisien.

– Transparan dan Terjangkau

Dengan EasyLegal, tidak ada biaya tersembunyi. Kami menawarkan layanan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Jadikan impian Anda mendirikan yayasan menjadi kenyataan dengan EasyLegal.id. Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis dan mulai perjalanan mulia Anda dengan langkah yang tepat. EasyLegal.id, solusi mudah dan terpercaya untuk semua kebutuhan pendirian yayasan Anda.

Silahkan hubungi Konsultan Legal kami untuk informasi Syarat Mendirikan Yayasan


Phone: 0817 770 048
Whatsapp: 0817 770 048
Email: [email protected]
Layanan: Jasa Pendirian PT | Jasa Pendirian PT PMA | Jasa Pendirian PT Perorangan | Jasa Pendirian CV | Jasa Pendirian Yayasan | Jasa Pendirian Perkumpulan | Jasa Pendaftaran Merek | Layanan perizinan usaha lainnya
Liputan Media: Jawapos | Tribunnews | Kontan | Sindonews | Detik.com | JPNN | IDN Times | Industry.co.id

EasyLegal adalah jasa legalitas usaha yang menyediakan layanan pendirian perusahaan, pengurusan izin usaha dan pendaftaran HAKI. Dengan pelayanan yang cepat, praktis dan fleksibel, EasyLegal berkomitmen memberikan dukungan legal yang dapat diandalkan bagi UMKM di Indonesia, fokus pada kepuasan klien dan kepatuhan hukum, serta menawarkan biaya yang sangat terjangkau.

OFFICE

Kawasan Niaga Metro Trade Center Blok A-26. Jl. Soekarno Hatta No. 590, Sekejati, Buahbatu, Bandung 40286

CUSTOMER CARE

PARTNERSHIP

REGISTERED WITH KOMINFO

SOCIAL MEDIA

© Copyright 2023 EASYLEGAL – All Rights Reserved
Member Of HANADI CORP

Konsultasi Gratis