Mengenal Undang – Undang Yayasan

Apakah sudah mengenal undang – undang yayasan ? Disini kita akan membahas terkait uu yayasan, ini sangat penting untuk Anda, Mengetahui tentang peraturan pemerintah yayasan, akan membantu anda dalam mengelola yayasan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  Bagi Anda yang belum mengenal, mari kita bahas terlebih dahulu.

Pengertian Yayasan

Yayasan adalah salah satu bentuk badan hukum di indonesia yang bertujuan untuk kemanusiaan. Yayasan dibentuk berdasarkan pemisahan kekayaan yang dialokasikan untuk kegiatan di bidang sosial, keagaman dan kemanusiaan.

Sebagai entitas hukum, yayasan memiliki yang dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tujuannya sangat beragam, mencakup pembentukan dan pengembangan aktivitas di bidang sosial, pendidikan, kemanusiaan, budaya serta lingkungan.

Yayasan berfungsi sebagai organisasi yang beroperasi demi kepentingan umum, dengan tujuan yang tidak hanya menguntungkan individu atau kelompok tertentu, tetapi untuk memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

Baca juga : Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Yayasan, Sebelum Mendirikan

Dasar Hukum Yayasan

Dasar Hukum Yayasan

Dalam mendirikan yayasan, akta notaris bisa dibuat dalam bahasa Indonesia. Yayasan bisa didrikan melalui surat wasiat. Status badan hukum yayasan resmi setelah akta yayasan disahkan oleh Kementerian Hukum dan Ham RI

  1. Undang Undang Nomor 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan 
  2. Undang Undang Nomor 28 Tahun 2004 yang  telah mengubah Undang – Undang Nomor 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan
  3. Peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 2 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pengajuan Permohonan Pengesahan Badan Hukum dan Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Dan Penyampaian Pemberitahuan Perubahaan Anggaran Dasar atau Perubahan Data Yayasan
  4. Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemblokiran dan Pembukaan Pemblokiran Akses Sistem Administrasi Badan Hukum Yayasan Dan Perkumpulan.

Tujuan Yayasan

Yayasan memiliki maksud dan tujuan di bidan sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. Dalam mencapai tujuan tersebut, yayasan bisa mendirkan atau terlibat dalam badan usaha yang sesuai maksud dan tujuannya.

Peran penting sebagai penggerak perubahan positif dalam masyarakat. Dengan merancang dan melaksanakan program yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup.

Yayasan kemanusiaan memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang memerlukan bantuan, seperti anak yatim, penyandang disabilitas atau korban bencana alam. Hal ini bisa menjadikan yayasan sebagai pilar solidaritas sosial untuk membantu meringankan beban yang kurang beruntung.

Banyak yayasan didirikan dengan tujuan memperluas akses dan meningkatkan kualitas pendidikan. Mereka bisa memberikan beasiswa kepada berprestasi yang kurang mampu.

Baca juga :  Struktur Organisasi Yayasan, Tugas Dan Peran Pentingnya

Yayasan merupakan entitas hukum yang berperan penting dalam membangun dan memajukan berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari bidang sosial, keagamaan, hingga pendidikan. Dengan tujuan yang mulia dan cakupan aktivitas yang luas, yayasan tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mencapai misi kemanusiaan, tetapi juga sebagai fondasi solidaritas sosial dan agen perubahan.

undang - undang yayasan

Kontak Konsultasi Pendirian Yayasan

  • Phone: 0818-881-422
  • Whatsapp: 0818-881-422
  • Email: care@easylegal.id
  • Alamat Kantor: EasyLegal Pendirian Yayasan | Ruko Metro Trade Center, Jl. Soekarno Hatta No.590 Blok A-26, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia

EasyLegal adalah jasa legalitas usaha yang menyediakan layanan pendirian perusahaan, pengurusan izin usaha dan pendaftaran HAKI. Dengan pelayanan yang cepat, praktis dan fleksibel, EasyLegal berkomitmen memberikan dukungan legal yang dapat diandalkan bagi UMKM di Indonesia, fokus pada kepuasan klien dan kepatuhan hukum, serta menawarkan biaya yang sangat terjangkau.

OFFICE

Kawasan Niaga Metro Trade Center Blok A-26. Jl. Soekarno Hatta No. 590, Sekejati, Buahbatu, Bandung 40286

CUSTOMER CARE

PARTNERSHIP

REGISTERED WITH KOMINFO

SOCIAL MEDIA

© Copyright 2023 EASYLEGAL – All Rights Reserved
Member Of HANADI CORP