9 Perusahaan PT PMA Jepang Di Indonesia

Apakah Anda tahu apa itu PT PMA? PT PMA adalah perusahaan dengan penanaman modal asing yang harus terdaftar di Kemenkumham dan berbadan hukum untuk dapat beroperasi di Indonesia. Ada beberapa PT PMA Jepang yang bergerak di berbagai sektor bisnis di Indonesia. Mari kita lihat beberapa contohnya.

Menurut jurnal Universitas Tarumanagara, sektor usaha PT PMA harus sesuai dengan ketentuan Daftar Negatif Investasi (DNI). Dengan memahami DNI, Anda bisa mengetahui sektor-sektor yang terbuka bagi investor asing.

Baca juga : Syarat Pendirian PT PMA (Penanaman Modal Asing)

Contoh PMA Jepang di Indonesia

PT PMA Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia. Informasi ini berdasarkan jurnal Universitas Diponegoro dan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

PT PMA merupakan perusahaan yang didirikan dengan modal asing. Kehadiran PT PMA Jepang di Indonesia memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Dalam operasionalnya, PT PMA Jepang membutuhkan teknologi dan tenaga kerja yang mumpuni, khususnya mereka yang mampu berbahasa Jepang dengan baik.

Karena membutuhkan sumber daya manusia, PT PMA memberikan manfaat dengan menyediakan lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal. Inilah salah satu kontribusi PT PMA terhadap perekonomian Indonesia.

Banyak perusahaan PMA Jepang yang dapat ditemukan di Indonesia, termasuk yang bergerak di sektor otomotif, garmen, komponen elektronik, dan lain-lain.

Selain di Cikarang, ada juga PT PMA di Karawang. Berikut adalah delapan contoh PT PMA di Indonesia:

1. PT Java Agritech

PT Java Agritech adalah perusahaan PMA Jepang yang bergerak di sektor agroindustri. Lokasinya berada di Semarang.

2. PT Nihon Seiki Indonesia

PT Nihon Seiki Indonesia beroperasi di bidang industri otomotif dan komponen elektronik. Perusahaan ini berlokasi di Bekasi dan memiliki banyak mesin untuk memproduksi suku cadang.

Perusahaan ini memiliki mesin utama, mesin sekunder, dan alat ukur. Produk yang dihasilkan antara lain suku cadang untuk otomasi kantor, audio, dan otomotif.

PT Nihon Seiki Indonesia telah memperoleh beberapa sertifikasi ISO dan memiliki lebih dari 200 karyawan.

3. PT Indonesia Stanley Electric

Perusahaan ini adalah penanaman modal asing yang memproduksi lampu untuk mobil dan motor. Lokasinya berada di Tangerang.

4. PT Uni-charm Indonesia Tbk

Anda mungkin mengenal merek MamyPoko. MamyPoko adalah salah satu produk dari PT Uni-charm Indonesia Tbk. Selain popok bayi, perusahaan ini juga memproduksi produk perawatan hewan peliharaan dan lainnya.

5. PT Udaka Indonesia

PT Udaka Indonesia, yang berlokasi di Yogyakarta, menerima penanaman modal asing dari Jepang. Perusahaan ini beroperasi dari Senin hingga Jumat, memproduksi pakaian dan topi untuk diekspor ke Jepang.

Didirikan sepuluh tahun yang lalu, PT ini memiliki misi untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

6. PT Shinwa Nonwovens Indonesia

PT Shinwa Nonwovens Indonesia bergerak di sektor manufaktur nonwoven di Jawa Timur. Perusahaan ini menggunakan teknologi canggih dari Jepang untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Perusahaan ini telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) dan ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan).

7. PT Otics Indonesia

PT Otics Indonesia adalah perusahaan penanaman modal asing yang memproduksi suku cadang mobil dan motor. Karyawan di PT ini bekerja di berbagai bagian seperti pengemasan, pengiriman, dan lain-lain.

8. PT Matsuo Precision Indonesia

Didirikan pada tahun 2012, PT Matsuo Precision Indonesia adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi aksesoris dan komponen untuk mobil dan motor. Perusahaan ini memiliki entitas di Indonesia, Cina, Vietnam, dan Amerika.

9. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) adalah salah satu perusahaan PMA Jepang terbesar di Indonesia yang bergerak di sektor otomotif. Perusahaan ini berlokasi di Karawang dan Sunter, Jakarta. TMMIN memproduksi berbagai jenis kendaraan bermotor, termasuk mobil penumpang dan kendaraan komersial.

Toyota merupakan salah satu merek otomotif terkemuka di dunia, dan kehadirannya di Indonesia telah memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Selain memproduksi kendaraan untuk pasar domestik, TMMIN juga mengekspor produknya ke berbagai negara. Perusahaan ini memiliki ribuan karyawan dan berkomitmen untuk menerapkan teknologi canggih serta standar kualitas tinggi dalam setiap proses produksinya.

TMMIN juga aktif dalam program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berfokus pada pendidikan, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat lokal. Ini menunjukkan bahwa selain memberikan dampak ekonomi, TMMIN juga berperan dalam pembangunan sosial di Indonesia.

Baca juga : Panduan Pendirian PT PMA Mesin Berat Di Indonesia

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membuat sebuah Perseroan terbatas PMA, apakah anda memiliki partner dari jepang. Easylegal.id menawarkan jasa pendirian PT PMA untuk rekan bisnis anda dari jepang.

Silahkan hubungi Konsultan Legal kami untuk mendapatkan Konsultasi Gratis tentang PT PMA

EasyLegal adalah jasa legalitas usaha yang menyediakan layanan pendirian perusahaan, pengurusan izin usaha dan pendaftaran HAKI. Dengan pelayanan yang cepat, praktis dan fleksibel, EasyLegal berkomitmen memberikan dukungan legal yang dapat diandalkan bagi UMKM di Indonesia, fokus pada kepuasan klien dan kepatuhan hukum, serta menawarkan biaya yang sangat terjangkau.

OFFICE

Kawasan Niaga Metro Trade Center Blok A-26. Jl. Soekarno Hatta No. 590, Sekejati, Buahbatu, Bandung 40286

CUSTOMER CARE

PARTNERSHIP

REGISTERED WITH KOMINFO

SOCIAL MEDIA

© Copyright 2023 EASYLEGAL – All Rights Reserved
Member Of HANADI CORP