Syarat Mendirikan CV, Cari Tahu di Sini!

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang syarat mendirikan CV, memberikan wawasan yang mendalam bagi para pelaku bisnis yang berpikir untuk memilih struktur badan usaha yang sesuai dengan visi dan misi mereka.

Di dunia bisnis yang dinamis, Commanditaire Vennootschap (CV) menjadi pilihan yang semakin populer bagi para entrepreneur yang ingin mengembangkan usaha mereka. CV tidak hanya menawarkan struktur yang lebih fleksibel tetapi juga memberikan kesempatan bagi para sekutu untuk terlibat dalam pengelolaan perusahaan.

Sebagai bentuk badan usaha yang unik, CV hadir dengan dinamika hubungan antara sekutu aktif dan pasif, memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.

Syarat Mendirikan CV

Apa Itu Badan Usaha CV

Badan usaha CV (Commanditaire Vennootschap) adalah bentuk badan usaha di Indonesia yang merupakan perpaduan antara firma (partnership) dan perseroan terbatas. CV dapat terdiri dari dua jenis anggota, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif.

  1. Sekutu Aktif (Komplementer): Merupakan anggota yang bertanggung jawab secara penuh terhadap seluruh kewajiban perusahaan. Mereka terlibat secara aktif dalam pengelolaan perusahaan sehari-hari.
  2. Sekutu Pasif (Komanditer): Merupakan anggota yang hanya bertanggung jawab sebesar modal yang mereka investasikan dalam perusahaan. Mereka tidak terlibat dalam pengelolaan sehari-hari dan hanya menyediakan modal.

Sebagai badan usaha, CV memiliki beberapa karakteristik:

  • Nama Usaha: Nama CV harus mencantumkan nama sekutu komanditer, tetapi tidak wajib menyertakan nama sekutu komplementer.
  • Kepemilikan Modal: Modal perusahaan berasal dari sumbangan sekutu komanditer dan komplementer. Kewajiban sekutu komanditer terbatas pada jumlah modal yang disetorkan.
  • Pembagian Laba dan Rugi: Pembagian laba dan rugi biasanya disepakati dalam akta pendirian. Laba dibagi sesuai dengan kesepakatan, sedangkan kerugian dapat dibagi sesuai dengan proporsi modal yang disetorkan.
  • Kepemimpinan dan Pengelolaan: Sekutu komplementer memiliki peran aktif dalam pengelolaan perusahaan, sementara sekutu komanditer tidak terlibat dalam pengelolaan.
  • Batas Waktu dan Tujuan Usaha: CV bisa dibentuk untuk jangka waktu tertentu atau tanpa batas waktu. Tujuan usaha juga dapat bervariasi sesuai dengan kesepakatan para sekutu.

Sebagai catatan, setiap badan usaha di Indonesia harus terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). CV memiliki fleksibilitas yang relatif tinggi dalam struktur dan pengaturan internalnya, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk bisnis skala kecil hingga menengah dengan beberapa pemilik yang ingin menjalankan usaha bersama.

Syarat Mendirikan CV

Syarat Mendirikan CV

Dalam mendirikan CV (Commanditaire Vennootschap) di Indonesia, terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Berikut adalah penjelasan untuk syarat mendirikan CV tersebut:

1. Jumlah Pendiri CV:

  • Maksimal terdiri dari 2 (dua) orang.
  • Jika pengurus lebih dari 1 orang, dengan posisi direktur dan direktur utama, mereka disebut sebagai sekutu aktif dan pasif.

2. Susunan Pengurus:

  • Pengurus terbagi menjadi dua kategori, yaitu sekutu aktif dan pasif.
  • Tidak ada susunan komisaris, yang berarti tidak ada kewajiban untuk menetapkan komisaris dalam struktur perusahaan.

3. Akta Notaris:

  • Dokumen pendirian CV disebut “akta notaris” dan harus ditulis dalam bahasa Indonesia.
  • Akta notaris harus mencantumkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan dan disumpah dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). SK ini menegaskan legalitas pendirian CV.

4. Kewarganegaraan Pendiri:

  • Pendiri CV harus warga negara Indonesia. Artinya, orang yang mendirikan CV harus memiliki kewarganegaraan Indonesia.

5. Kepemilikan Penuh oleh Pemilik Bisnis Lokal:

  • Kepemilikan 100% oleh pemilik bisnis lokal berarti bahwa partisipasi asing tidak diperbolehkan.
  • Ini menunjukkan bahwa semua pemilik bisnis atau sekutu dalam CV harus adalah warga negara Indonesia dan tidak ada partisipasi kepemilikan dari pihak asing.

Perlu diingat bahwa syarat mendirikan CV dapat mengalami perubahan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Oleh karena itu, sebaiknya selalu memastikan untuk memahami peraturan terbaru dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau pihak berwenang lainnya sebelum memulai proses pendirian CV.

Baca juga : Ciri – Ciri Persekutuan Komanditer (CV)

Dokumen Pembuatan Syarat Pembuatan CV

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pembuatan CV (Commanditaire Vennootschap) biasanya mencakup identitas para sekutu (aktif dan pasif) serta dokumen terkait tempat usaha. Berikut penjelasan lebih detail dokumen syarat mendirikan CV:

1. Identitas Sekutu (Aktif dan Pasif):

  • e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik): Identitas resmi pribadi, perlu dari setiap sekutu aktif dan pasif.
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak): Nomor identifikasi pajak pribadi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Diperlukan untuk setiap sekutu aktif dan pasif.
  • KK (Kartu Keluarga): Kartu keluarga yang mencantumkan informasi keluarga, perlu dari setiap sekutu aktif dan pasif.

2. Dokumen Tempat Usaha:

  • Fotokopi bukti kepemilikan tempat usaha, jika ada.
  • Jika bukan kepemilikan, bukti persewaan atau dokumen pendukung sejenis perlu disertakan.

Dokumen-dokumen ini diperlukan dalam rangka membantu proses melengkapi syarat mendirikan CV. Selain itu, perlu diperhatikan ketentuan terkait zonasi usaha untuk memastikan bahwa lokasi usaha sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Semua dokumen harus lengkap dan sah sesuai dengan persyaratan pihak berwenang untuk memastikan kelancaran proses pendirian CV.

Mudah dan Cepat dengan EasyLegal: Jasa Pendirian CV untuk Kesuksesan Usaha Anda

Anda memiliki ide bisnis cemerlang, tapi bingung harus mulai dari mana? EasyLegal hadir untuk mewujudkan impian Anda dengan jasa pendirian CV yang mudah, cepat, dan andal. Kami adalah mitra ideal untuk membantu Anda merintis bisnis dan meraih kesuksesan.

Kenapa Memilih EasyLegal?

1. Profesionalisme Teruji:

  • Kami memiliki tim ahli hukum yang berpengalaman dalam pendirian CV.
  • Layanan kami didukung oleh praktisi hukum terbaik, sehingga Anda dapat mempercayakan proses pendirian CV kepada yang ahli.

2. Proses Mudah dan Efisien:

  • Hanya dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat melihat bisnis Anda tumbuh.
  • Tim kami akan membimbing Anda dari awal hingga akhir, memastikan proses pendirian CV berjalan dengan lancar tanpa kendala.

3. Dokumen Lengkap dan Tepat:

  • Kami akan membantu Anda mengumpulkan dan menyusun dokumen-dokumen yang diperlukan dengan akurat.
  • Tidak perlu khawatir tentang detail hukum, kami sudah mengurus semuanya untuk Anda.

4. Harga Terjangkau:

  • Kami percaya bahwa akses terhadap jasa hukum berkualitas tidak harus mahal.
  • Dengan EasyLegal, Anda mendapatkan layanan profesional dengan harga yang terjangkau.

5. Layanan Konsultasi Gratis:

  • Tim kami siap memberikan konsultasi gratis sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan kami.
  • Kami akan menjelaskan seluruh proses dan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga : Struktur Organisasi Perusahaan CV Dan Tugasnya

Langkah Menuju Kesuksesan

  1. Konsultasi Gratis: Hubungi kami untuk mendapatkan konsultasi gratis mengenai pendirian CV dan kebutuhan bisnis Anda.
  2. Pilih Paket Layanan: Pilih paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami menawarkan berbagai pilihan untuk memenuhi berbagai skala bisnis.
  3. Proses Pendirian: Kami akan memandu Anda melalui setiap tahap pendirian CV, dari persiapan dokumen hingga registrasi resmi.
  4. Sukses Bersama: Setelah pendirian selesai, Anda siap untuk memulai perjalanan bisnis Anda dengan keyakinan dan dukungan dari EasyLegal.

Dengan EasyLegal, rintis bisnis Anda tanpa hambatan. Wujudkan impian bisnis Anda dengan mudah dan cepat. Hubungi kami sekarang dan mari bersama meraih kesuksesan!

Silahkan hubungi Konsultan Legal kami untuk informasi Syarat Pembuatan CV

  • Phone: 0818-881-422
  • Whatsapp: 0818-881-422
  • Email: care@easylegal.id
  • Alamat Kantor: EasyLegal Ruko Metro Trade Center, Jl. Soekarno Hatta No.590 Blok A-26, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia

EasyLegal adalah jasa legalitas usaha yang menyediakan layanan pendirian perusahaan, pengurusan izin usaha dan pendaftaran HAKI. Dengan pelayanan yang cepat, praktis dan fleksibel, EasyLegal berkomitmen memberikan dukungan legal yang dapat diandalkan bagi UMKM di Indonesia, fokus pada kepuasan klien dan kepatuhan hukum, serta menawarkan biaya yang sangat terjangkau.

OFFICE

Kawasan Niaga Metro Trade Center Blok A-26. Jl. Soekarno Hatta No. 590, Sekejati, Buahbatu, Bandung 40286

CUSTOMER CARE

PARTNERSHIP

REGISTERED WITH KOMINFO

SOCIAL MEDIA

© Copyright 2023 EASYLEGAL – All Rights Reserved
Member Of HANADI CORP